REKRUTMEN LOWONGAN KERJA KEMENTERIAN AGAMA


Kementerian agama atau Kemenag merupakan salah satu kementerian di republik Indonesia yang membidangi urusan Agama di negara Indonesia, dalam pembentukaannya kementerian ini diawali karena bahwa negara Indonesia merupakan negara yang berlandaskan agama. Secara filosofis, sosio politis dan historis agama bagi bangsa Indonesia sudah berurat dan berakar dalam kehidupan bangsa. Itulah sebabnya para tokoh dan pemuka agama selalu tampil sebagai pelopor pergerakan dan perjuangan kemerdekaan baik melalui partai politik maupun sarana lainnya. Perjuangan gerakan kemerdekaan tersebut melalui jalan yang panjang sejak jaman kolonial Belanda sampai kalahnya Jepang pada Perang Dunia ke II. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada masa kemerdekaan kedudukan agama menjadi lebih kokoh dengan ditetapkannya Pancasila sebagai ideologi dan falsafah negara dan UUD 1945.

Kementerian Agama dalam melaksanakan tanggung jawab memiliki visi dan misi yang melandasi kinerja instansi tersebut, visi dan misi tesebut yaitu :

Visi
  • Terwujudnya masyarakat Indonesia yang TAAT BERAGAMA, RUKUN, CERDAS, MANDIRI DAN SEJAHTERA LAHIR BATIN.
Misi
  • Meningkatkan kualitas kehidupan beragama.
  • Meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama.
  • Meningkatkan kualitas raudhatul athfal, madrasah, perguruan tinggi agama, pendidikan agama, dan pendidikan keagamaan.
  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.
  • Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan berwibawa.
Kontak kantor pusat :

Kementerian Agama
Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat
Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3 – 4
Jakarta 10710
Telp : (+6221) – 3811679 – 34833004

Kementerian Agama melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Februari tahun 2017 untuk mencari calon – calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap lini atau divisi kerja dalam perusahaan yang sedang membutuhkannya saat ini. Dengan diadakannya rekrutmen atau lowongan kerja ini perusahaan berusaha mencari individu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tentunya sesuai juga dengan minat dan harapan dari para pencari kerja karena dengan adanya hubungan yang baik antara tenaga kerja dan perusahaan akan tercipta suasana kondusif di lingkungan perusahaan. Adapun dibawah ini adalah jabatan yang tersedia pada peluang kerja kali ini yang dibuka oleh pihak perusahaan dengan kualifikasi sebagai berikut.

Lowongan Kementerian Agama Posisi :

PENYULUH AGAMA BUDHA NON PNS

Persyaratan Pencari Kerja :
  • Beragama Buddha, dibuktikan dengan foto copy KTP.
  • Usia min. 20 tahun.
  • Pendidikan Formal diutamakan Sl, SMU/Sederajat,
  • Dalam hal angka 2 tidak dapat terpenuhi, pengangkatan calon penyuluh agama Buddha non PNS dapat dilakukan bagi Tokoh tertentu yang sudah dikenal dan diketahui kiprah, pengalaman serta pengabdiannya dalam bidang kepenyuluhan di tengah masyarakat yang dibuktikan Surat Keterangan dari Majelis/Organisasi/Lembaga Keagamaan Buddha.
  • Telah melaksanakan bimbingan dan penyuluhan secara aktif di masing-masing organisasi/majelis/lembaga keagamaan Buddha minimal 2 tahun.
  • Memiliki kompetensi penyuluhan yang dibuktikan dengan keikutsertaan dalam Diklat/Kursus/Pelatihan dari Instansi Pemerintah atau organisasi/majelis keagamaan Buddha.
  • Memiliki pengalaman dalam biudang penyuluhan dibuktikan dengan Surat keterangan dari majelis/organisasi/lembaga keagamaan Buddha.
  • Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan Surat dokter.
  • Bukan pengurus partai politik.
  • Bukan sebagai PNS atau pegawai honorer yang dibiayai oleh APBN/APBD.
  • Selama menjadi penyuluh agama Buddha non PNS, tidak menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.
  • Memiliki kelompok binaan tetap.
Berkas Lamaran :
  1. Surat Lamaran ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  2. Curiculum Vitae/biodata;
  3. Fotocopi KTP;
  4. Fotocopi Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai yang dilegalisir;
  5. Pas Foto Ukuran 3X4 sejumlah 4 lembar;
  6. Fotocopi Diklat/Kursus dari Organisasi/Majelis Agama Buddha;
  7. Surat keterangan dari Mejelis/Organisasi/Lembaga Keagamaan Buddha;
  8. Surat Keterangan Kesehatan/Surat Dokter;
  9. Surat Pernyataan Bukan pengurus Partai Politik;
  10. Surat Pernyataan Bukan PNS atau sebagai pegawai honorer yang dibiayai oleh APBN/APBD;
  11. Surat Pernyataan tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil selama menjadi Penyuluh agama Buddha Non PNS;
  12. Surat Rekomendasi dari Organisasi/Majelis/Lembaga Keagamaan Buddha bagi Tokoh Agama yang tidak memiliki latar belakang pendidikan formal/tidak Berpendidikan SMA/SI tetapi memiliki kompetensi sebagai penyuluh Agama Buddha;
*Formulir dapat diunduh [ DISINI ]

Tahapan Seleksi :
  1. Tes Tulis & Wawancara : tgl 20 Februari 2017
  2. Pengumuman kelulusan : tgl 23 Februari 2017
  3. Penetapan Penyuluh Non PNS : tgl 24 Februari 2017
Tata Cara Pendaftaran :

Dengan mengetahui kriteria dan kebutuhan rekrutmen yang telah dijelaskan diatas dengan demikian para pencari kerja yang merasa memenuhi persyaratan meliputi pendidikan, umur, dll dan memang merasa berminat dengan lowongan kerja terbaru Kementerian Agama pada bulan Februari 2017 diatas, hendaknya secepatnya untuk melengkapi dan menyusun berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV atau daftar riwayat hidup, FC ijazah dan transkrip dan pelengkap lainnya seperti yang telah kami jelaskan diatas guna mendaftar dan mengikuti seleksi masuk penerimaan pegawai baru diperusahaan yang dimaksud, dikirim melalui prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu dikirim via POS ke alamat : 

PEMBIMAS BUDDHA
Kantor Wilayah Kementerian Agama
Jalan Sisingamangaraja No.5,
Wonotingal, Candisari, Kaliwiru,
Kota Semarang,
Jawa Tengah 50252


Pendaftaran paling lambat pada : Jumat, 10 Februari 2017

No comments:

Post a Comment